Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kalimantan Timur (Dinas ESDM Kaltim) bersama Forum MSH-CSR Kaltim dan Forum Kepala Teknik Tambang (KTT) Kaltim, memberikan berbagai macam bantuan terutama APD untuk penanggulangan pandemi COVID-19 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). 

Penyerahaan bantuan dari para pihak tersebut diwakili dr Bahrani selaku tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kutim. Bantuan dimaksud kemudian diterima Direktur RSUD Kudungga Sangatta dr Anik Istiyandari di halaman RSUD Kudungga Sangatta, jalan Soekarno-Hatta, Rabu (6/5/2020). Disaksikan manajemen PT KPC, anggota FMSH-CSR Kutim dan undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas ESDM Kaltim, Wahyu Widhi Heranata mengutarakan bantuan tersebut diharapkan bermanfaat untuk tenaga kesehatan (Nakes). Bantuan ini pun diberikan kepada seluruh kabupaten kota yang memiliki sektor pertambangan, termasuk Kutim. Ia menerangkan dana bantuan adalah sumbangan dari seluruh pihak yang tergabung dalam satu rekening forum peduli COVID-19 di Bank Mandiri. Bantuan terfokus untuk tenaga kesehatan (Nakes). Dengan memberikan APD agar aman saat merawat pasien.

“Saya apresiasi teman-teman para medis, merekalah yang harus kita dukung saat ini. Salah satunya menberikan kebutuhan APD untuk menangani pasien Corona. Semoga bantuan itu bermanfaat untuk teman-teman disana,” kata Didit sapaan akrabnya saat diwawancara melalui panggilan video oleh tim Pro Kutim.

Senada, Bahrani menyampaikan bantuan ini sangat diperlukan untuk menunjang kinerja nakes. Khususnya dalam menangani para pasien Corona yang dirawat di RSUD Kudungga Sangatta. Mengingat penggunaan APD hanya sekali pakai. Tentunya dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Inti dari bantuan ini adalah bentuk kepedulian bersama-sama dan diharapkan dimanfaatkan secara maksimal. Menjadi wujud dukungan bagi petugas kesehatan yang berjibaku menuntaskan COVID-19. 

“Mudah-mudahan pandemi COVID-19 ini segera berlalu, agar kehidupan masyarakat berjalan dengan normal kembali,” harap Bahrani yang juga menjabat Kadinkes Kutim.

Sementara, Direktur RSUD Kudungga Sangatta dr Anik Istiyandari menyampaikan terimakasih atas bantuan APD dari Dinas ESDM Kaltim, Forum KTT dan Forum MSH-CSR Kaltim. Pihaknya  mengapresiasi kepedulian terhadap upaya penanganan pencegahan penyebaran virus Corona di Kutim. Terutama di RSUD Kudungga Sangatta yang ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan penangaman pasien Corona di Kutim. 

“Bantuan ini akan sangat membantu pemenuhan kebutuhan APD di fasilitas kesehatan yang ada di RSUD Kudungga. Salah satunya sangat dibutuhkan saat ini ialah pakaian dekontaminasi (hazmat) lengkap,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat FMSH-CSR Kutim Abdul Kadir menerangkan ada sebelas item bantuan yang dikirim dari Provinsi Kaltim. Diantaranya baju hazmat, masker N95, masker bedah, kacamata google dan face shield. 

“Kemudian sarung tangan, nurse CAB, sanitizer, susu beruang, vitamin c dan terkahir disinfektan,” tutupnya.