Dukungan percepatan penanganan dan pencegahan COVID-19 di Kutai Timur (Kutim) kembali diwujudkan PT Kaltim Prima Coal (KPC). Kali ini perusahaan tambang batu bara terbesar itu memberikan sumbangan berupa alat ventilator dan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis.

Sumbangan tersebut diserahkan oleh General Manager External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) Wawan Setiawan mewakili pihak perusahaan. Bantuan diterima langsung oleh Bupati Kutai Timur Ir H Ismunandar MT, di Posko Utama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, di Kantor BPBD Kutim, Jalan Soekarno-Hatta, Kamis (30/4/2020).

Atas dukungan dan bantuan tersebut, Ismu mengucapkan terima kasih kepada KPC . Dia berharap, sinergi stakeholder dalam penangan pandemi Corona ini bisa menghentikan laju penularan virus di masyarakat.

“Terima kasih kepada KPC yang terus membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Semoga kebersamaan ini bisa menghentikan laju penyebaran virus di masyarakat,” kata Bupati Ismunandar.

APD yang disumbangkan KPC merupakan tahap kedua melanjutkan penyerahan bantuan serupa beberapa waktu lalu. Saat ini yang masih ditunggu adalah kedatangan 8.000 alat Rapid Test, yang telah dipesan KPC untuk Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Manager External Relation Yordhen Ampung mewakili atasannya memastikan, alat Rapid Test tersebut tidak lama lagi akan tiba di Sangatta. Selanjutnya akan segera diberikan kepada Ketua Gugus Tugas yakni Bupati Kutim Ismunandar.

“Mudah-mudahan bisa tiba minggu depan. Itu yang kita harapkan bersama,” ujar Yorden.

Selain bantuan dari PT KPC, ada pula bantuan dari PT Pama Persada Nusantara, diantaranya alat semprot 8 unit, masker 34 kotak, hazmat 20 pcs, sarung tangan latex 20 kotak, disinfektan 8 dos, tempat cuci tangan 6 unit. Berikutnya bantuan PT HEXINDO berupa bayclin 8 botol, detol cair 8 botol, hand sanitizer 2 dirijen Dan SOS pembersih lantai 2 dirijen.