Ikhtiar dalam mewujudkan pemenuhan pelayanan dasar masyarakat, utamanya air bersih di Kutai Timur yang belum terlayani PDAM terus dilakukan. Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Forum MSH-CSR terus melakukan komunikasi aktif kepada perusahaan—perusahaan untuk mendorong pemenuhan pelayanan air bersih dan program-program strategis lainnya.

Pasca Rakor CSR beberapa waktu yang lalu, beberapa perusahaan telah berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam upaya pemenuhan air bersih di desa-desa, salah satunya adalah PT, THIESS Sangatta. Sebagai perusahaan kontraktor pertambangan yang beroerasi di wilayah Sangatta, PT THIESS melalui rogram CSR nya juga turut berkontribusi dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat di wilayah sekitar tambang.

Bertempat di Balai Desa Tepian Makmur Kec. Rantau Pulung, selasa (25/9/2019), PT. THIESS Sangatta menyerahkan bantuan senilai Rp.100.000.000 untuk 53 Sambungan Rumah (SR) pada Program Sistem Pengelolaan Air Minum Berbasis Pedesaan (SPAMDES) yyang diserahkan oleh Manager Admin and Finance PT. THIESS Sangatta July Osmon Simanjuntak kepada PJ. Kepala Desa Tepian Makmur Suriandono, disaksikan oleh Kepala Sekretariat F-MSH-CSR Kutai Timur Abd Kadir Jaelani, Perwakian Bappeda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Perwakilan Kecamatan Rantau Pulung, serta Perwakilan Kepala Dusun dan RT Desa Teian Makmur.

Simon, dalam sambutannya menyamaikan bahwa perusahaan sangat mengapresiasi bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan dalam menyediakan pemenuhan dasar di desa-desa sekitar perusahaan. Kedepan, praktik-praktik kolaborasi seerti ini akan terus dilakukan, agar apa yang menjadi harapan masyarakat dan pemerintah dapat terwujud.
Sementara itu, Abdu Kadir dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan PT. THIESS Sangatta untuk membantu pemerintah memenuhi kebutuhan dasar bagi masyarakat, khususnya air bersih.