Bentuk dan Struktur

MSH Corporate Social Responsibility (CSR) Di Kutai timur
1. Struktur Organisasi

MSH FORUM dapat terdiri dari dua bagian, yaitu Dewan Penasehat (tingkat pembuatan keputusan/kebijakan) dan Badan Pelaksana (tingkat pelaksana) MSH-CSR.

a. Dewan Penasehat
Dewan Penasehat MSH FORUM memiliki komposisi perwakilan yang seimbang antara pemerintah kabupaten, perusahaan dan masyarakat sipil (kelompok masyarakat, LSM, perguruan tinggi). Keanggotaannya terdiri dari seorang wakil dari masing-masing kelompok pihak yang berkepentingan. Para anggota memiliki jabatan atau mandat di dalam organisasi/institusi mereka masing-masing yang mencakup tanggung jawab di bidang-bidang yang berhubungan dengan implementasi CSR. Tugas mereka di MSH FORUM sebagian besar sudah merupakan bagian dari pekerjaan rutin mereka sehari-hari. Masa kerja para anggota dikaji ulang setiap tahun.

b. Badan Pelaksana
Badan Pelaksana MSH-CSR, keanggotaannya juga terdiri dari wakil-wakil dari masing-masing kelompok pihak yang berkepentingan, sesuai relevansinya terhadap persoalan yang menjadi fokus forum. Keanggotaan badan pelaksana dapat ditambah dengan narasumber/konsultan sesuai kebutuhan. Anggota-anggota Badan Pelaksana ditunjuk oleh Dewan Penasehat MSH.

2. Tugas dan tangung jawab

a. Dewan Penasehat
1.Menetapkan kebijakan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian implementasi CSR.
2. Melakukan monitoring dan evaluasi keberhasilan implementasi CSR.
3. Membentuk badan pelaksana/Kelompok Kerja untuk memecahkan persoalan-persoalan yang telah diidentifikasi oleh Dewan Penasehat MSH FORUM serta menetapkan ruang lingkup kerja badan pelaksana MSH.
4. Mempertimbangkan usulan-usulan dari Badan Pelaksana, merekomendasi dan atau memutuskan tindak lanjut usulan badan pelaksana MSH .
5. Anggota Dewan penasehat MSH FORUM bertanggung jawab untuk menyampaikan hasil kerja dan keputusan MSH FORUM kepada kelompok pihaknya masing-masing.

b. Pokja Forum
1. Mengidentifikasi serta membahas berbagai masalah, aspirasi dan persoalan implementasi CSR sebagaimana diuraikan dalam ruang lingkup kerja dengan melakukan diskusi/dialog, konsultasi dan kordinasi dengan pihak terkait.
2. Melaksanakan study, penelitian dan peninjauan sesuai petunjuk dari Dewan Penasehat FORUM MSH.
3. Membuat, menyajikan dan mengajukan hasil kajian persoalan kepada Dewan Penasehat FORUM MSH.

3. Peran Forum

Dalam rangka pemberdayaan masyarakat sudah saatnya merubah pendekatan kekuasaan dengan pendekatan kesetaraan yang berorientasi pada program pembangunan masyarakat berdimensi jangka panjang dan berkelanjutan.

Masyarakt memililki kemampuan untuk turut membahas masalah, mencari alternatif, pemecahan masalah dan membuat keputusan. Dalam kaitan dengan implementasi CSR yang berkelanjutan, Forum hendaknya dapat berfungsi secara langsung sebagai pengagas, konselor, mediator, facilitator, pemberdaya sekaligus pembela. Adapun secara tidak langsung, Forum dapat berperan sebagai analis kebijakan CSR

4. Mekanisme pembangunan Forum

Untuk merealisasi terbentuknya Forum MSH, diperlukan adanya kesamaan persepsi dan komitmen Multi Stakeholder yang terkait terhadap upaya perbaikan pola dan praktek CSR di Kutai Timur menuju implementasi CSR yang partisipatif, transparan dan akuntabel. Oleh karenanya pertemuan, diskusi dan kajian intensif dari, oleh dan untuk Multi Stakeholder perlu digagas dan dilakukan.

Forum MSH-CSR sebagai suatu wadah bagi para pemangku kepentingan dibentuk melalui proses penyerapan aspirasi masyarakat dan partisipasi yang melibatkan para pihak, baik masyarakat sebagai pihak menerima dampak, corporate yang memiliki tanggung jawab sosial masyarakat dan lingkungan, serta eksekutif dan legeslatif yang berwewenang dalam proses penetapan kebijakan publik. Stakeholder lain yang sangat penting adalah media masa. Media masa memiliki peranan penting dalam mengkomunikasikan kebijakan publik yang akan dan telah diambil. Media masa berperan dalam mengembangkan public opinion terhadap kebijakan yang ditempuh (Gambar 4).

Force (Pusat Studi Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat) melalui Programnya Prakarsa Multi Stakeholder dalam Penerapan CSR bagi Pembangunan Kutai Timur yang Berkelanjutan, akan memfasilitasi series kegiatan seperti Talk Show, Focus Group Discussion (FGD), Lokakarya untuk mewujudkan Pembangunan Forum MSH – CSR tersebut.

March 2020
M T W T F S S
« Feb    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Archives

Categories