Kolaborasi lintas sektoral merupakan prasyarat dalam implementasi tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sinergi yang terbangun antara pemerintah, masyarakat, perusahaan serta pemangku kepentingan yang lain merupakan langkah nyata dalam mengawal dan mempercepat pembangunan di daerah.

Salah satu langkah kolaboratif perusahaan dengan pemerintah adalah implementasi program CSR PT. Anugerah Energitama melalui bantuan pembangunan Kantor Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Tepian Langsat Kecamatan Bengalon. Acara serah terima kantor LPM dilaksanakan pada hari selasa, 18 Juni 2019 yang diresmikan oleh Bupati Kutai Timur. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bapak Martinus Yapriadi selaku Direktur PT. Anugerah Energitama, Ka. Sek. Forum MSH-CSR Kutim, Kapolsek Bengalon, Camat Bengalon, Kades Tepian Langsat, serta masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati sangat mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada PT. Anugerah Energitama atas keterlibatannya dalam mendukung peningkatan pelayanan di tingkat Desa, dan berharap agar perusahaan terus mendorong program-program CSR yang tepat sasaran. Bupati juga menyampaikan bahwa akan berupaya untuk hadir dalam memenuhi undangan dari perusahaan jika ada kegiatan-kegiatan peresmian dari program-program CSR perusahaan, hal ini merupakan bentuk dari apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.